Wisata Candi Pawon di Magelang, Jawa Tengah

Objek wisata Candi Pawon adalah situs sejarah yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Rombongan sewa bus pariwisata Jakarta sebaiknya tidak melewatkan objek wisata ini saat berkunjung ke Jawa Tengah.  Candi yang terletak di Desa Borobudur ini dapat dikunjungi setiap hari dan bisa dicapai dengan panduan Google Maps.

Pesona Candi Pawon

Pesona Candi Pawon

Candi Pawon dikenal juga dengan nama Candi Brajanalan.  Jaraknya sekitar 2 kilometer arah Timur Laut dari objek wisata Candi Borobudur.  Jika berjalan ke arah Barat Laut sejauh 1 kilometer rombongan sewa bus pariwisata akan menemukan objek wisata candi lainnya, yakni Candi Mendut.  Ketiga candi ini memang terletak pada satu garis lurus yang berdekatan.  Jika diamati, motif yang terpahat di setiap bangunan candi menyiratkan hubungan yang erat diantara ketiganya.

Candi Pawon terdiri dari batur candi setinggi 1,5 meter dengan bagian tepi yang berliku membentuk 20 sudut.  Ruangan di dalam candi merupakan ruang kosong, namun di lantai terdapat bekas arca yang diletakkan diatasnya.  Pahatan di dinding melukiskan motif sulur-suluran dan bunga.  Berbeda dengan corak candi Budha pada umumnya.  Bentuk tubuh Candi Pawon juga lebih ramping sehingga tampak seperti candi Hindu Jawa Kuno dan India. Berdasarkan mitologi India, Candi Pawon disebut sebagai tempat penyimpanan senjata Dewa Indra yaitu Vajranala (api halilintar).

Candi Pawon

Lokasi candi dikelilingi oleh rumah warga sehingga cenderung tersembunyi.  Bangunanya tersusun dari batuan vulkanik.  Semua bagian candi dihiasi dengan stupa.  Dinding luar candi berhiaskan relief pohon hayati (kalpataru) dan diapit dengan pundi-pundi serta kinari.  Kinari adalah sebutan untuk makhluk berbadan burung dan berkepala manusia.

Baca juga: Menguak Fakta Unik Tempat Wisata Gunung Sumbing

Kawasan Candi Pawon lebih terawat dibanding candi lainnya sebab telah mengalami pemugaran sejak 1903.  Fasilitas yang tersedia di lokasi wisata cukup lengkap seperti toilet, area parkir, mushola, dan penginapan. Rombongan sewa bus pariwisata Jakarta dapat beristirahat di penginapan sekitar kompleks candi sebelum melanjutkan perjalanan ke daerah lainnya.  Jangan lupa untuk membawa kamera karena keindahan arsitektur perpaduan Hindu dan Budha di Candi Pawon sayang jika dilewatkan.

COMMENTS