Taksiran Biaya Pembuatan Marketplace Setaraf Tokopedia

Taksiran Biaya Pembuatan Marketplace Setaraf Tokopedia

Di era globalisasi sekarang semua harus serba cepat, semakin maraknya pula teknologi yang membuat kita kecanduan dan akhirnya ketergantungan dengan smartphone dalam gengaman. Membuat para pengusaha berlomba-lomba membuat sebuah gerakan baru yang nantinya akan diminati masyarakat umum. Contohnya semakin banyak Jasa Pembuatan Toko Online seperti Tokopedia, Lazada, Shopee dan masih banyak lagi. Bila anda ingin terjun kedalam bisnis online dengan membuat marketplace anda tentunya anda memerlukan jasa pembuatan marketplace, agar anda tidak pusing memikirkan rincian dan serangkaian tahapan untuk pembuatannya.

Pengertian Marketplace

Layanan e-commerce yang berisi produk dan layanan yang telah di sediakan oleh pihak ketiga. Mungkin sebagian orang awam seperti kita akan menganggap biaya developer itu sangat murah, tapi tahukah kalian jika yang setaraf Tokopedia saja dengan puluhan developer biaya gaji sebulannya bisa mencapai puluhan juta rupiah apalagi marketplace baru dengan hanya beberapa developer, mungkin bisa saja setengahnya.

Taksiran Biaya Pembuatan Sebuah Marketplace (Toko Online)

Membuat marketplace dibutuhkan biaya yang tak sedikit, apalagi untuk merekrut karyawan yang nantinya diposisikan kedalam developer pengembangan marketplace itu sendiri. Beberapa taksiran biaya jika anda ingin membuat sebuah marketplace mulai dari biaya coding, design, hosting & domain sampai dengan dedicated server.

1. Coding

Dibutuhkan coding untuk menjalankan suatu program, coding sendiri adalah bahasa pemrograman yang di mengerti komputer untuk menjalankan sebuah perintah dalam komputer yang nantinya digunakan untuk sebuah program aplikasi atau web.

2. Design

Hal yang menarik dari sebuah marketplace adalah design yang unik, design unik dan simple biasanya dipakai untuk menarik pelanggan dalam sebuah marketplace baru.

3. Domain dan Hosting

Domain dan hosting, sangat berkaitan dan berperan penting dalam sebuah marketplace, bagi anda yang belum tahu apa itu domain dan hosting, yaitu alamat yang di gunakan dalam suatu web sedangkan hosting adalah tempat dimana domain dan hosting itu tinggal di dalamnya.

4. Dedicated Server

Dedicated server hampir menyerupai domain dan hosting, bedanya dedicated server adalah layanan hosting khusus dimana pengusaha menyewa seluruh server yang tidak bisa dibagi dengan orang lain. Tentu biaya yang dikeluarkan akan sedikit lebih mahal daripada menyewa domain dan hosting.

Itulah hal-hal yang patut anda perhitungkan bila ingin membuat sebuah marketplace atau toko online dengan developer pilihan anda, taksiran hargajasa pembuatan toko online murah mulai dari sekitar Rp.5 jutaan sampai yang cukup mahal sekitar Rp.10 jutaan, mungkin dengan harga yang sedemikian rupa itu sudah termasuk yang paling terjangkau untuk sebuah pembuatan marketplace baru. Untuk pengembangannya sendiri tidak perlu merekrut developer baru karena pengembangan sebuah sistem marketplace yang unik dan menarik tergantung skill sang developer pilihan anda sendiri.

COMMENTS