Prinsip Kontras Dalam Desain Interior Yang Jarang Diketahui

Herohitlerinlove.com – Kontras dalam desain interior merupakan kata yang mungkin masih terdengar asing di telinga masyarakat umum. Kontras biasanya lebih akrab dalam dunia garfik seperti paling mudah ditemui dalam layanan pengedit foto dan lebih kompleks lagi dalam desain grafis.

Kontras Dalam Desain Interior

Namun kehadiran kontras dalam desain interior memang sangat jarang diketahui. Hanya orang-orang tertentu yang memiliki pemahaman akan desain interior dan pekerja desain interior seperti jasa kontraktor interior.

Prinsip Kontras Dalam Desain Interior

Kontras merupakan elemen visual yang ketika prinsipnya diaplikasikan, Ia akan mampu menjadi pembeda antara satu objek dan objek lainnya. Kontras dalam desain interior merupakan pengetahuan yang terbilang tidak baru namun aplikasinya masih tetap relevan hingga saat ini bahkan untuk saat-saat selanjutnya. Prinsip kontras dalam desain interior antara lain:

1. Warna

Sebagai contoh paling sederhana dalam kontras warna adalahl kontras warna yang tinggi seperti warna hitam dan putih. Sedangkan warna kuning dan orange adalah kontras yang rendah.

Untuk menyorot sesuatu yang perlu ditonjolkan dalam interior hunian maupun gedung, Anda dapat menggunakan kontras warna di mana objek yang penting untuk diperhatikan ditempatkan dalam warna yang menarik perhatian.

2. Kontras ukuran

Ketika Anda melihat dua benda dengan ukuran yang berbeda, misalnya yang satu kecil dan satu lagi besar. Tentu tatapan Anda akan langsung mengarah ke ukuran yang besar karena paling mudah tertangkap oleh indra penglihatan.

Jika Anda ingin menempatkan objek seperti furnitur utama maupun dekorasi utama, maka tempatkan atau gunakan ukuran yang lebih besar dibandingkan objek yang lain.

3. Kontras bentuk

Sama halnya dengan jenis kontras yang lain. Kontras bentuk adalah upaya menonjolkan suatu objek melalui bentuknya yang menarik perhatian. Dalam desain interior, biasanya perabotan yang akan ditonjolkan adalah perabotan dengan bentuk yang unik.

4. Kontras posisi

Tentu Anda akan melihat suatu benda yang jelas disimpan di hadapan Anda ketimbang dengan yang disembunyikan bukan?! Nah kontras posisi berperan dalam hal ini, di mana perabotan yang memiliki kepentingan visual maupun fungsional yang tinggi akan ditempatkan pada lokasi yang mudah dijangkau baik oleh mata maupun oleh tangan. Dalam menata desain interior rumah, kontraktor rumah biasanya sangat menguasai hal-hal seperti ini sehingga mereka mampu menatanya dengan baik.

COMMENTS