Persiapan Penyelenggaraan Event Kompetisi Olahraga Antar Sekolah

Persiapan Penyelenggaraan Event Kompetisi Olahraga Antar Sekolah

Salah satu cara menyalurkan energi para pelajar SMA yang sedang tinggi adalah dengan mengadakan event kompetisi olahraga. Selain untuk mengembangkan bakat dan menumbuhkan sikap sportivitas, juga mendorong mereka untuk berkembang dengan cara positif. Beberapa hal yang menjadi persiapan untuk penyelenggaraan event olahraga adalah:

Pembentukan Panitia dan Penentuan Tanggal Penyelenggaraaan

Acara kompetisi bisa diselenggarakan oleh siapa saja. Penyelenggara juga akan membentuk panitia pelaksanaan kompetisi untuk mempersiapkan semua kebutuhan mulai dari promosi, persiapan tempat, hingga tali lanyard untuk tiket dan lain sebagainya. Tentunya tanggal penyelenggaraan juga harus sudah ditentukan. Mulai dari tahapan kompetisi awal hingga tahap final.

Pendaftaran Peserta

Setelah panitia dan tanggal penyelenggaraan ditetapkan, maka selanjutnya pendaftaran peserta dibuka. Untuk event olahraga SMA, biasanya disebarkan melalui OSIS, wakil kepala bagian kesiswaan atau pembina ekstrakurikuler.

Kelengkapan Event

Sebagaimana halnya penyelenggaraan event pada umumnya, maka dalam event kompetisi olahraga antar SMA ada beragam kelengkapan event yang harus disediakan. Di antaranya adalah media promosi seperti poster, spanduk, banner. Lalu kebutuhan penghargaan seperti piala atau trofi, medali dan piagam. Selain itu, souvenir juga bisa disediakan. Baik berupa pin, gantungan kunci atau tali lanyard untuk gantungan ID Card.

Pendanaan

Tentu saja dalam setiap penyelenggaraan event olahraga, diperlukan pendanaan dan juga diharapkan penyelenggaraan bisa mendatangkan keuntungan. Biasanya pendanaan tersebut didapatkan dari:

  • Uang pendaftaran. Biasanya jumlahnya tidak terlalu besar, namun bisa membantu menambah budget yang dibutuhkan.
  • Sponsorship merupakaan pendanaan baik secara seluruh atau sebagian. Biasanya, mereka yang menjadi sponsor nama dan logonya akan dicantumkan dalam setiap media promosi. Termasuk pada tiket, baik berupa lembaran kertas atau yang terbuat dari tali lanyard.
  • Pengajuan proposal pada institusi yang berkaitan. Misalnya kementrian olahraga, komite olahraga dan lain sebagainya.

Sementara untuk keuntungan penyelenggaraan, biasanya didapatkan dari penjualan tiket dan souvenir pertandingan. Oleh karena itu, mendesain souvenir yang menarik juga harus dipertimbangkan. Misalnya berupa merchandise yang sedang kekinian seperti gantungan HP dari tali id card jakarta.

COMMENTS