Lebih Mengenal Bitmap Dan Vektor Melalui 5 Perbedaannya!

Lebih Mengenal Bitmap Dan Vektor

herohitlerinlove – Bagi kalian yang berharap belajar dalam dunia desain grafis sepatutnya lebih dahulu mengenal perihal vektor dan bitmap. Dua wujud ini lazim terdapat pada gambar yang sepatutnya dikenal oleh desainer grafis agar bisa membikin sebuah desain dengan mutu terbaik pantas dengan kebutuhan dan medium penggunaannya.

Pada dasarnya wujud vektor dan bitmap terang mempunyai perbedaan. Perbedaan diantara kedua hal inilah yang penting untuk dikenal agar dikala berharap dicetak/dipindahakan ke medium tidak membikin kualitasnya turun/rusak. Biasanya untuk cetak dipakai vektor agar gambar tidak pecah, bisa dipakai untuk medium seperti banner, x banner, kartu nama, id card atau tali id card.

Tali id card umpamanya jika diciptakan dalam wujud bitmap dan gambar tidak cukup besar dikhawatirkan nanti akan menjadi pecah/rusak kualitasnya.

Sebelum membahas perbedaan antara vector dan bitmap, ada baiknya kita bahas khususnya dahulu masing-masing arti dari vektor dan bitmap.

Vektor (vector) adalah gambar digital dengan persamaan perhitungan yang matematis. Gambar dengan wujud ini mempunyai mutu yang baik. Satu diantara ciri dari gambar vektor ini adalah dikala diperbesar (zoom-in) atau diperkecil (zoom-out) gambar tersebut tidak pecah. Meski ini karena vektor adalah gambar yang terwujud dari gabungan spot kemudian garis yang membentuk sebuah objek.

Lihat Disini : Ingin Membuka Usaha Percetakan? Siapkan Dulu 6 Alat Yang Anda Butuhkan Ini!

Umumnya pada bitmap (raster) adalah merepresentasi dari citra grafis. Bitmap tersusun dari spot-spot dan disimpan dalam ingatan komputer. Pada setiap spot gambar wujud bitmap akan di awali oleh 1 bit data (untuk hitam putih) dan bisa bernilai lebih besar jika mempunyai warna lain.

Bitmap Dan Vektor

5 perbedaan vektor dan bitmap

Berikut adalah 5 perbedaan vektor dan bitmap yang bisa kamu ketahui dengan terang dikala pertama kali melihatnya!

1. Size

Meski pada gambar berformat vektor mempunyai ukuran file yang relatif kecil jika diperbandingkan dengan file berformat bitmap.

2. Saat di-zoom

Sebagai mana sudah dijelaskan gambar berformat vektor jika di-zoom (perbesar/perkecil) gambar tersebut tidak akan mengalami pecah maupun blur. Berbeda dengan gambar yang mempunyai wujud bitmap dia akan rusak, pecah, dan blur jika dipaksa diperbesar atau diperkecil melebihi mutu gambarnya.

3. Susunan

Perbedaan ketiga kali ini adalah gambar yang diciptakan vektor dibentuk pada objek geometris dan diciptakan dengan perhitungan matematis. Umumnya pada gambar berformat bitmap tersusun pada objek yang berbentuk pixel.

4. Sifat

Pada gambar vektor ada sifat yang tidak terikat pada resolusi, sedang pada gambar wujud bitmap mempunyai sifat yang dipengarahui resolusi.

5. Kegunaan

Perbedaan kelima adalah fungsi vektor dan bitmap. Gambar dengan wujud vektor sering kali dipakai untuk gambaran seperti logo maupun cetak seperti banner, katalog, flyer, pin dan lain sebagainya. Sementara gambar wujud bitmap dipakai untuk gambar dengan muatan beraneka warna.  Adalah foto.

Jadi, sebelum kamu mulai membikin sebuah desain sepatutnya khususnya dahulu mengenal perbedaan kegunaan vektor dan bitmap. Untuk kebutuhan cetak seperti id card, flyer, banner, katalog, dan lainnya buatlah desain dengan vektor. Untuk bitmap biasanya dipakai untuk memasukan muatan baragam warna yang banyak seperti foto.

Jadi bagi kalian yang berharap mencetak seperti tali id card jakarta persiapkan data print dengan wujud vektor.

COMMENTS