Inilah Jenis-Jenis Backlink Yang Harus Dihindari Untuk Melindungi Performa Web Anda

Inilah Jenis-Jenis Backlink Yang Harus Dihindari Untuk Melindungi Performa Web Anda

Backlink merupakan salah satu hal yang sangat disukai oleh mesin pencari google. Maka dari itu, tidak mengherankan jika banyak pemilik website yang memanfaatkan jasa backlink natural untuk mendapatkan backlink berkualitas. Tentu saja, backlink yang disukai oleh google adalah backlink yang organic, didapatkan dengan cara alamiah berdasarkan kualitas konten dan lain sebagainya.

Dua Jenis Backlink Building

Pada dasarnya, ada dua cara dalam membuat backlink building, yakni :

1. Cara White hat SEO : yakni backlink building yang dilakukan dengan cara-cara yang diperbolehkan oleh google. Cara-cara white hat SEO dengan backlink berkualitas, dapat membuat domain authority website Anda meningkat.

2. Cara Black hat SEO : ini adalah cara-cara backlink building yang melanggar peraturan google. Inilah jenis backlink yang harus dihindari oleh pemilik website atau blog. Karena, bukannya membawa manfaat dan meningkatkan ranking website pada SERP. Jenis backlink ini malah beresiko mendatangkan sanksi dari google.

Backlink Yang Harus Dihindari

Agar website Anda dapat terhindar dari sangsi google, maka berikut ini adalah jenis-jenis link yang wajib Anda hindari, karena akan memberikan resiko tinggi.

1. Paid Link

Link hasil jual beli termasuk jenis link yang dibenci oleh google. Karena hal ini dianggap sebagai usaha manipulasi google. Akan jadi masalah jika terdeteksi dan dapat merusak performa website Anda. Namun, jika Anda kesulitan mendapat backlink natural dan Anda terpaksa menggunakan paid link. Khususnya jika website Anda masih cukup baru, maka pastikan penyedia jasa backlink natural, yang akan membuat website Anda tetap aman.

2. Link Exchange

Link exchange pernah menjadi cara sebuah komunitas blogger untuk saling meningkatkan peringkat performa blogger temannya. Namun, saat ini link exchange termasuk cara yang tidak disukai google. Apalagi jika link tersebut tidak relevan dengan isi blog. Oleh karena itu, link exchange termasuk yang harus dihindari untuk digunakan.

3. Low Quality Guest Post

Guest post adalah postingan pada sebuah website yang ditulis oleh penulis tamu, atau bukan pemilik website sendiri. Keuntungan bagi pemilik website, adalah bisa mendapatkan artikel-artikel untuk update websitenya, juga meningkatkan pengunjung. Sementara bagi tamu yang mengisi postingan, dapat mempromosikan website atau brand miliknya. Namun, guest post kualitas rendah malah bisa membuat performa website Anda turun. Backlink dengan kualitas yang rendah sangat tidak disukai google. Maka ada baiknya Anda memastikan website tersebut memiliki domain authority yang baik, sebelum menghubungkannya dengan website Anda.

4. Tool Generated Links

Salah satu cara mendapatkan backlink dengan memanipulasi. Ini adalah cara yang paling dibenci google. Maka jangan heran jika Anda sampai mendapatkan hukuman google yang cukup berat saat terdeteksi menggunakannya.

Ketimbang menggunakan tool generated links, ada baiknya Anda menggunakan penyedia jasa backlink yang telah memiliki reputasi baik. Juga bisa memberikan jaminan bahwa mereka menggunakan cara-cara aman untuk menghasilkan backlink natural. Sehingga dengan demikian, performa website Anda dapat meningkat.

COMMENTS