Ini 5 Tips Travelling dengan Anak yang Aman Berikut!

Kebanyakan orang tua yang baru pertama kali memiliki anak mengalami dilema karena beberapa aktivitas yang disenangi harus dibatasi. Padahal, membatasi diri dari aktivitas di luar rumah karena alasan anak, justru semakin membuat orang tua menjadi stres, terlebih di kalangan ibu muda. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menyediakan waktu senggang untuk traveling dengan anak, tentunya dengan tetap memperhatikan kondisi keamanan dan kenyamanan mereka.

Tips Traveling dengan Anak Kecil

Traveling dengan anak kecil seringkali dihindari oleh orang tua karena khawatir mereka rewel di perjalanan ataupun terkena gangguan kesehatan. Kekhawatiran ini bisa dihindari jika anda menggunakan beberapa tips aman berikut ini

1.Pilih Lokasi Traveling Sesuai Kondisi Anak

Jika sudah memiliki anak, maka orang tua tidak lagi bisa egois memilih tempat traveling sesuai keinginan masing-masing. Sebaiknya, pilihlah tempat traveling yang sesuai dengan kondisi anak, baik dari segi kenyamanan nya ataupun kesehatan.

Jika anak rentan terkena flu, maka hindari lokasi traveling yang mengandung banyak debu dan hawa dingin seperti di gunung. Selain itu, pastikan juga lokasi traveling memiliki wahana yang bisa menghibur anak seperti kolam ataupun kebun binatang.

2.Pastikan Membawa Obat-obatan dan Semua Keperluan Anak

Tips kedua adalah, dengan membawa semua perlengkapan yang dibutuhkan anak, seperti pakaian ganti, diapers, minyak telon, ataupun susu. Selain itu, anda juga harus bisa mengantisipasi kemungkinan buruk yang rentan mengancam kesehatan seperti paracetamol, ataupun betadine.

Dengan membawa perlengkapan tersebut, maka perjalanan tidak akan membawa masalah yang merepotkan anda. Selain itu, kekhawatiran akan ancaman kesehatan juga bisa dikurangi karena sudah membawa obat-obatan yang diperlukan.

3.Bawa Benda Atau Mainan Favorit Anak

Hal pertama yang sangat mempengaruhi kenyamanan anak adalah menciptakan semua lokasi seperti di rumah sendiri. Anda bisa membawa mainan yang paling disukai anak untuk bekal di lokasi wisata ataupun selama perjalanan.

Selain itu, benda-benda favorit anak seperti guling tidur, atau boneka kesukaan juga bisa dibawa agar anak tidak rewel. Terlebih ketika mereka kelelahan dan ingin tidur, maka boneka atau guling bisa membuat mereka merasa seperti di kamar sendiri.

4.Perhatikan Kenyamanan Posisi Anak Selama Perjalanan

Untuk melakukan traveling bersama anak, tidak harus menggunakan mobil, anda juga bisa menggunakan sepeda motor sebagai alternatif lain. Namun, kenyamanan anak harus tetap menjadi perhatian utama.

Kalaupun menggunakan sepeda motor, posisikan dengan keadaan bersandar ataupun memeluk ibunya di pangkuan. Sementara jika membawa mobil maka setelan AC jangan terlalu dingin ataupun panas, serta sediakan kursi khusus untuk tempat tidur anak.

5.Lebih Sering Berhenti Jika Anak Mulai Tidak Nyaman

Kebanyakan para traveler sangat bersemangat untuk bisa sampai ke tempat tujuan dengan waktu yang lebih cepat. Hal inilah yang menyebabkan traveler sangat meminimalisir kuantitas berhenti dan istirahat di jalan.

Jika anda memiliki kebiasaan ini, maka harus dihilangkan, dan lebih seringlah berhenti di jalan jika anak mulai tidak nyaman. Anda bisa berhenti untuk membelikan anak snack ataupun susu sehingga perjalanan terasa menyenangkan.

Beberapa tips di atas bisa diterapkan bagi orang tua yang memiliki hobi traveling, sehingga anak tidak menjadi kendala untuk terus menjalankan hobi. Namun, yang perlu di ubah adalah rasa egois seorang traveler, karena setelah memiliki anak, maka kenyamanan mereka menjadi prioritas utama. Dengan demikian perjalanan traveling dengan anak akan menyenangkan tanpa ada kendala.

Agar lebih aman dan terkendali pergilah liburan bersama keluarga besar serta rombongan sehingga bisa memudahkan untuk mengawasih sang anak dan jangan lupa juga gunakan sewa bus pariwisata sewabispariwisata.co.id

COMMENTS