Ingin Membuat Tulisan Berkualitas? Maka Belajarlah Membuat Kerangka Tulisan yang Baik

Ingin Membuat Tulisan Berkualitas? Maka Belajarlah Membuat Kerangka Tulisan yang Baik

Salah satu tantangan dalam mengembangkan sebuah blog atau website adalah konsisten mengisi blog dengan konten yang menarik. Apalagi, menulis tidak bisa dikatakan sebagai hal yang mudah. Banyak orang yang kesulitan menuangkan gagasannya ke dalam tulisan. Atau malah kebingungan hendak menuangkan apa saja dalam tulisannya.

Jasa penulis artikel bisa menjadi solusi buat kamu yang tidak terbiasa menulis. Namun, tidak ada salahnya kalau kamu tekun belajar menulis, kamu bisa menjadi lebih betah menulis dan meningkatkan produktivitas.

Pentingnya Kerangka Tulisan

Salah satu hal penting dalam membuat sebuah tulisan, baik fiksi atau artikel, adalah dengan membuat kerangka tulisan. Dengan membuat kerangka tulisan, maka kamu bisa menyusun sebuah artikel yang berkualitas. Pada dasarnya kerangka tulisan adalah garis-garis besar mengenai hal-hal yang akan kamu tuangkan dalam tulisan kamu.

Dengan demikian, jika membuat kerangka tulisan yang baik, hasil tulisanmu akan lebih sistematis, jelas, logis dan terstruktur. Sehingga tulisan menjadi lebih nyaman dibaca. Bahkan penyedia jasa pembuatan artikel juga membuat kerangka tulisan untuk menghasilkan artikel yang bagus.

Menyusun Kerangka Tulisan

Beberapa langkah yang harus kamu lakukan dalam menyusun karangan adalah sebagai berikut:

  • Tentukan Tema & Judul

Sebelum mulai menulis, tema merupakan hal yang harus ditentukan terlebih dahulu. Jangan mencari tema yang sulit, pilihlah yang sesuai dengan kapasitasmu sebagai penulis yang juga sumber informasi. Berbeda dengan tema, judul bisa ditentukan terlebih dahulu, atau bahkan belakangan setelah tulisan selesai. Yang pasti, judul haruslah menarik perhatian.

  • Tentukan Sudut Pandang dan Gaya Bahasa

Hal ini erat kaitannya dengan sasaran pembaca yang kamu bidik. Jika kamu membidik kaum anak muda gaul, tentu berbeda dengan sasaran pembaca akademisi.

  • Buatlah Ide-ide Utama

Setelah mengetahui tema yang hendak kamu angkat, susunlah beberapa ide-ide utama yang hendak kamu paparkan. Jangan lupa bahwa susunannya harus sistematis. Bisa berdasarkan urutan waktu, misal kamu bicara tentang sejarah, lalu yang terjadi saat ini, dan kemudian potensi yang akan datang. Atau berbicara secara fungsional, mulai dari fungsi terkecil hingga terbesar suatu aspek.

  • Terdiri dari pembukaan, isi dan penutup

Tentu saja sebuah tulisan yang baik harus memiliki pembukaan, isi (pesan utama) dan juga penutup.

Itulah kerangka karangan yang harus kamu susun sebelum membuat sebuah tulisan. Cara terbaik menguasainya adalah dengan sering melakukannya. Tapi kamu bisa saja menggunakan Jaya penulis artikel jika hendak memuat beberapa tema yang kurang kamu kuasai.

COMMENTS