Beton Ringan, Pilihan Baru untuk Konstruksi Bangunan

Selain beton biasa yang banyak digunakan dalam konstruksi berat, ada jenis beton baru yang cukup banyak dilirik para kontraktor saat ini, yakni jenis beton ringan. Sesuai namanya, beton ringan atau hebel, memiliki berat jenis (density) yang lebih ringan dibanding beton pada umumnya. Beton ringan terbuat dari pasir silika, kapur, semen, air dan bahan pengembang yang kemudian dirawat dengan tekanan uap air sehingga membuatnya jadi ringan. Berat beton ringan bisa diatur sesuai kebutuhan dimana rata-rata beton ringan memiliki berat antara 600 – 1600 kg/m3.

Penggunaan Beton Ringan

 

Penggunaan Beton Ringan

Sebagai pengganti bata untuk dinding, beton ringan lebih banyak kelebihannya karena akan lebih murah dan efisien. Selain mudah dibentuk dengan alat yang sederhana sehingga akan mempermudah proses konstruksi dan meminimalisir penggunaan material seperti kerikil dan batu untuk mengisi lantai beton, dengan bobotnya yang ringan, beton ringan lebih mudah diangkut. Beton ringan bisa mengurangi biaya semen karena ada perekat khusus, mengurangi biaya penguat atau pondasi, tahan panas dan api, tahan lama, kedap suara, tahan gempa, anti jamur, anti serangga, tahan korosi, aman dan nyaman.

gergaji beton ringan

Selain untuk dinding, beton ringan juga biasa digunakan sebagai lantai. Biasanya panel lantai dari beton ringan ini dicetak dalam bentuk lembaran dan terbuat dari tulangan anti karat, pasir silika, dan semen yang berkualitas tinggi. Proses pembuatannya menggunakan teknologi aerasi sehingga panel memiliki kekuatan yang sama dengan beton cor konvensional.

Baca juga: Prinsip Kontras Dalam Desain Interior Yang Jarang Diketahui

Melapisi Beton Ringan dengan Epoxy  

Biasanya setelah tahap pemasangan beton baik dinding maupun lantai dalam sebuah konstruksi sudah selesai, maka akan dilanjutkan dengan melapisinya dengan cat.  Salah satu sistem yang biasa digunakan adalah epoxy baik epoxy lantai maupun epoxy dinding. Sistem ini dipilih karena selain memberikan hasil yang indah, sifat lapisannya juga kuat, tahan terhadap thinner dan bahan kimia serta daya tahannya sangat bagus terhadap abrasi atau gesekan.

 

epoxy lantai

Epoxy lantai memang umum digunakan untuk pengecatan lantai beton seperti lantai garasi, bengkel, tempat parkir dan sebagainya. Selain itu sistem epoxy juga bisa diterapkan di dinding, lantai kamar mandi, keramik, logam, kayu dan sebagainya.

Untuk mendapat hasil yang maksimal dan memuaskan, cara pengerjaan epoxy lantai dan epoxy pada permukaan keras lainnya ada prosedur dan tahapannya. Untuk itu, sebaiknya konsumen menggunakan jasa pengecatan epoxy khusus karena mereka akan lebih paham dan tahu seluk beluk pengecatan dengan epoxy.

COMMENTS